Jumat, 14 Oktober 2011

BUBUR TEPUNG BAYI ORGANIK "ARROWROOT" - (MAKANAN HERBAL)

BUBUR TEPUNG BAYI ORGANIK "ARROWROOT" - (MAKANAN HERBAL)


Arrowroot = Garut
Queensland Arrowroot = Ganyong

Hasil kutipan kami dari Tabloid Nova mengenai Arrowroot adalah sebagai berikut:

Garut, Pengganti Gandum Dan Beras Berkhasiat Obat

Tak banyak yang tahu, tanaman yang satu ini ternyata bisa dikonsumsi sebagai pengganti gandum dan beras. Cara menanamnya pun mudah.

Selama ini, kita sudah terjebak oleh gandum. Coba simak, sejak pagi, kita sarapan dengan roti. Agak siang sedikit di kantor atau tempat bekerja lainnya disajikan snack. Lalu kita makan siang, pergi ke resto a la kebarat-baratan. Pulang kantor sudah malam, ah, sudah capek, buat saja mie instan. Begitu hari demi hari. Belum lagi kita mendapat undangan-undangan, di sana ketemu lagi aneka masakan berbasis gandum.

Sesungguhnya banyak sekali pangan lokal yang kandungan gizinya berani bersaing dengan terigu dan beras. Mau tahu? Misalnya, garut (Maranta arundinaceae), yang kini nyaris terlupakan di tengah gaya dan pola makan kita. Padahal, dibandingkan tepung terigu dan beras giling, kandungan karbohidrat dan zat besi pada tepung garut lebih tinggi, sementara kandungan lemaknya terendah ketimbang terigu dan beras.
Kandungan kalori tepung garut hampir sama dengan beras dan terigu.

Tanaman garut memberikan hasil yang utama berupa umbi dan mempunyai banyak kegunaan, antara lain:

* Dimanfaatkan sebagai tanaman penghias, karena keindahan daunnya.
* Umbi garut dapat direbus atau dikukus dan langsung dimakan.
* Umbi garut mengandung tepung pati yang sangat halus dan mudah dicerna. Itulah sebabnya, tepung garut dipakai dalam industri makanan bayi dan makanan khusus orang-orang sakit.
* Umbi garut dipakai sebagai obat tradisional yang berkhasiat menyembuhkan mencret, eksem, memperbanyak air susu ibu (ASI), dan menurunkan suhu badan yang terjangkit demam.
* Umbi garut juga dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan kosmetika, lem, dan minuman beralkohol.
* Air perasan umbi garut digunakan sebagai penawar racun lebah, racun ular, dan obat luka.
* Tepung garut diolah menjadi makanan tradisional seperti: keripik, cake pisang, gabes udang, kue lapis, kue semprit, cendol, siomay, kue kacang, kue putri salju, ongol-ongol, dan sebagainya.

dan ...

GANYONG

Ganyong cukup berpotensi sebagai sumber hidrat arang. Data Direktorat Gizi Depkes RI menyebutkan bahwa kandungan gizi Ganyong tiap 100 gram secara lengkap terdiri dari kalori 95,00 kal; protein 1,00 g; lemak 0,11 g; karbohidrat 22,60 g; kalsium 21,00 g; fosfor 70,00 g; zat besi 1,90 mg; vitamin B1 0,10 mg; vitamin C 10,00 mg; air 75,00 g.

Selain itu, Ganyong juga dapat mengatasi beberapa penyakit, yaitu:
Panas dalam dan Radang saluran kencing.

Menilik manfaat yang banyak dari GARUT DAN GANYONG, kami dengan senang hati menyediakan untuk dapat mempopulerkan kembali pangan lokal tersebut.

TEPUNG GASOL

Tepung Gasol dibuat dari bahan berkualitas, hasil dari pertanian yang menerapkan pola penanaman alami tanpa pemberian pupuk kimia sintesis dan tanpa penyemprotan pestisida sintesis. Diproduksi tanpa bahan tambahan pangan sehingga menghasilkan tepung murni yang lebih baik dan lebih sehat untuk dikonsumsi keluarga dan COCOK sebagai MPASI bayi Anda.

- TANPA PUPUK SINTESIS
- TANPA PESTISIDA SINTESIS
- TANPA BAHAN PEWARNA
- TANPA PENGAWET
- TANPA TAMBAHAN RASA

Resep Bubur Tepung
Bahan:
20 gram Tepung Arrowroot Gasol + 200 ml air

Cara membuat
Campur Tepung Arrowroot Gasol (lebih kurang 1 sendok makan) + 200 ml air (3/4 gelas aqua), diaduk dalam kondisi suhu ruang sampai semua tepung larut supaya tidak menggumpal saat dimasak.

Masak dengan api kecil sambil terus diaduk sampai mendidih dan matang.Tingkat kematangan sempurna dengan lama memasak 10-15 menit

Hasilnya akan kental.

Untuk menambah selera dan nutrisi sajikan dengan :

* ASI atau susu formula
* ASI atau susu formula + jus buah-buahan
* Kupas, cuci dan potong-potong sayuran. Rebus dengan air/kaldu secukupnya. Setelah matang haluskan dengan blender.


Cara menyajikan
Ambil bubur tepung secukupnya, taruh di mangkok makan bayi. Tambahkan ASI atau Sufor tergantung kekentalan bubur tepung yang dikehendaki disesuaikan dengan umur bayi.

Pengenceran bisa juga dengan menggunakan jus buah/sayur. Tidak dianjurkan mengencerkan dengan air saja karena akan menyebabkan kenyang tetapi tidak memberikan tambahan gizi.

Sebagian tepung yang masih ada di panci bisa digunakan untuk pengental jika Bubur Tepung terasa kurang padat.

Sebaiknya membuat bubur tepung untuk kebutuhan satu hari. Caranya, setelah dimasak segera bagi bubur tepung dalam beberapa wadah sesuai kebutuhan di hari tersebut lalu simpan di suhu ruang. Jika diperlukan selalu ambil dengan sendok bersih dan jangan diaduk/dikocek. Bubur tepung bisa tahan sampai 8 jam. Jika dirasa perlu bisa dimasukkan ke lemari es (bukan dibekukan) dan hangatkan dengan cara ditim pada saat akan disajikan.

isi bersih : 200 gram

Produksi: GASOL PERTANIAN ORGANIK, Cianjur Jawa Barat.

Harga : Rp.20.000,-
Berat Produk : 240 gram

Tidak ada komentar:

Posting Komentar